2 Dec 2010

Paragraf induktif dan deduktif

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang paragraf induktif dan paragraf deduktif. Sebenarnya paragraf ini sudah sering sekali kita gunakan dan pelajari mulai dari sekolah dasar.
Berikut saya akan mencoba memberikan conoh dari paragraf indukif dan deduktif
  • Paragraf deduktif
contoh :
HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah. Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi. Namun korban diminta membayar sedikitnya Rp 4 juta untuk mengurus paspor, cek kesehatan, dan dokumen lain sebagai syarat berlayar.
Kenapa paragraf diatas termasuk ke dalam paragraf deduktif?, karena paragraf tersebut memiliki kalimat utama diawal paragraf dan kalimat penjelasnya ada pada akhir paragraf
Kalimat utama :
HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah
Kalimat penjelas :

Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi…………..

Sumber kutipan : http://nasional.kompas.com/read/2010/03/31/2022537/KPK.Geledah.4.Lokasi..Sita.Dokumen.Penting
  • Paragraf Induktif
Contoh :
Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cupu untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya. Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.
Paragraf diatas merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terdapat diakhir paragraf dan kalimat penjelasnya di awal paragraf.
Kalimat utama :
Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.
Kalimat penjelas :
Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cupu untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya

Klik Dapat Duit

Indonesia News

Loading...